Rabu, 01 Februari 2017

Nada Dan Desah

Posted By: Unknown - 13.31

Disini kita akan mengetahui bagaimana bunyi Nada dan bunyi Desah. Namun sebelum lebih jauh ke Desah dan Nada kita harus tahu dulu apa itu bunyi, apa saja jenisnya, dll.

Pengertian Bunyi 
Bunyi merupakan hasil dari getaran suatu benda yang disebut sumber bunyi. Bunyi termasuk kedalam gelombang mekanik, sehingga pada ruang hampa bunyi tidak dapat dirambatkan.

untuk terjadinya bunyi harus ada 3 syarat fardu yang tidak boleh ditinggalkan/dilewatkan.
  1. Harus ada sumber Bunyi,
  2. Harus ada medium perambatan (baik padat,cair ataupun gas)
  3. Harus ada receiver/penerima
Selain harusnya ada 3 syarat untuk terjadi bunyi, 3 yang lain adalah untuk jenis-jenis bunyi:
  1. Infrasonik yaitu bunyi yang memiliki frekuensi <20Hz. Manusia tidak dapat mendengar bunyi jenis ini karena tuhan tahu yang terbaik hanya hewan seperti Anjing dan Jangkrik saja yang mampu mendengarnya.
  2. Audiosonik yaitu bunyi yang memiliki frekuensi 20 Hz - 20 KHz. Ini adalah tingkatan bunyi yang dapat didengar oleh manusia.
  3. Ultrasonik yaitu bunyi yang memiliki frekuensi >20 KHz. Binatang yang dapat mendengarnya adalah kelelawar dan lumba-lumba.
Mungkin beberapa diantara kalian yang duduk di bangku smp melihat di buku sumber bahwa ada pertanyaan seperti menanyakan tentang bunyi yang digunakan kelelawar saat malam hari namun tak ada opsi 'ultrasonik' melainkan supersonik dan megasonik. Lantas apa itu supersonik dan megasonik?

Supersonik merupakan kecepatan diatas kecepatan suara, biasanya digunakan pada pesawat pesawat tempur. Sedangkan
Megasonik memiliki penegertian yang tidak jauh berbeda dengan ultrasonik yaitu mencakup frekuensi lebih dari 20.000 Hz/ 20KHz. Jadi untuk anda yang sedang mencari jawaban yang tepat mungkin inilah jawabannya.

*kuat lemahnya bunyi tergantung pada amplitudo. Makin besar amplitudo makin kuat bunyi yang dihasilkan, berlaku sebaliknya.

Berdasarkan frekuensinya, bunyi dibagi menjadi desah dan nada.

Desah adalah bunyi yang frekuensinya tidak teratur. Seperti yang dihasilkan oleh angin,ombak,dll.
Nada adalah bunyi yang dihasilkan oleh sumber bunyi yang memiliki frekuensi teratur. Seperti bunyi yang dihasilkan oleh seorang penyanyi ataupun dari alat musik (yang tidak fals).

Jika anda mencari rumus mengenai bunyi rumusnya v= λ / T atau vs / t.
Keterangan:

  • vcepat rambat bunyi (m/s)
  •  λ= panjang gelombang (m)
  • T= periode (s)
  • s= jarak sumber bunyi ke pendengar (m)
  • t= waktu tempuh bunyi (s)

About Unknown

Organic Theme is officially developed by Templatezy Team. We published High quality Blogger Templates with Awesome Design for blogspot lovers.The very first Blogger Templates Company where you will find Responsive Design Templates.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2016 bloggermuda

Blogger Templates Designed by Templatezy